- sepetak ruang kecil untuk menjadi diri sendiri -


Postingan masak-masak lagi, nih! Sekarang temanya olahan roti. Etapi bukan bikin roti, lho! Ini mau bahas gimana bersiasat dengan roti tawar sisa. Kadang kan popularitas roti tawar di rumah berkurang drastis setelah hari kedua. Kalau tekstur rotinya kering, wah tambah gak ada yang mau makan, deh. Jangan dibuang, ya. Sisa roti tawar yang mulai kering itu bisa diolah jadi dua macam snack gurih. Yaitu, roti goreng dan garlic breadsticks.

ROTI GORENG
Bahas soal roti goreng, rasanya hampir semua orang tahu dan bisa bikinnya, ya. Kalau saya, roti tawarnya diisi pake bratwurst yang dipanggang sebentar pakai margarin. Bratwurstnya lalu ditemani mayonaise dan sedikit saus. Tutup roti, gulingkan berturut-turut di kocokan telur lalu tepung panir. Gampang kan?

Tentang roti goreng:
Menurut saya bagian sulitnya adalah ketika menutup roti. Ditekan-tekan pakai jari, gak menyatu. Waktu habis dicelup telur, tetap mangap. Akhirnya setelah selesai dipanir, saya tutup dengan tusuk gigi, hahaha. Kalau dimasukkan freezer sebentar, cukup membantu sih. Tapi tetap agak mangap. Ini bisa jadi karena roti tawarnya sudah kering.

GARLIC BREADSTICKS
Waktu bikin roti goreng, kulit roti tawarnya sengaja saya potong dan sisihkan untuk membuat garlic breadsticks. Hasilnya wangiiii dan rasanya mirip garlic breadnya P**za H**, hihihi. Ini pengakuannya Chiya, lho. :p
 
Bahan:
Kulit roti tawar (saya pakai kulit dari 5 lembar sisa roti tawar)

Bumbu olesan:
Margarin
Sebutir telur
Sesiung bawang putih, geprek halus
Oregano (mau diganti parsley kering juga bisa)
Cabe bubuk (optional)

Cara membuat:
Campur semua bahan olesan jadi satu. Margarinnya dihancurkan pakai garpu, jangan dilelehkan, biar nanti meleleh sendiri ketika dipanggang. Aduk semua sampai rata. Olesi kulit roti dengan kuas. Panggang sampai kecokelatan. Done!

Tentang garlic breadsticks:
1. Saya memanggang menggunakan teflon, karena oven dua-duanya ada di atas lemari *zzzz*. Yang penting, ketika memanggang diawasi besaran apinya supaya tidak gosong. Karena tidak butuh waktu lama untuk membuat kulit rotinya kecokelatan.


2. Mau ditambah parmesan? Bisaa. Atau lada bubuk? Boleehh. Yang pasti dicocol saus enyaaakkk bangeeett...[]

2 comments:

  1. waa lagi browsing2 dan blogwalking nemu resep ini, mau cobain ah.., makasih dan salam kenal yaa..

    ReplyDelete

Blog Hits

Hello

"Membuat jarak paling intim antara suara hati dan memori adalah dengan menuliskannya pada sebuah tulisan. Dan kamu, sedang menuju ke tempat milikku."

Enjoy reading.

Popular Posts

Followers