- sepetak ruang kecil untuk menjadi diri sendiri -

,

Resep Nugget Ayam Sayur


[Mau resep yang lain? Sila cek Cookpad saya, ya.]

Karena si Levi yang makannya susah level langit ketujuh dan hanya mau pake nugget, akhirnya sang emak mencoba bikin nugget sendiri.

Resep Nugget Ayam Sayur


Bahan:
- Daging ayam (boneless, aku pake sekitar 250gr aja) dicacah halus, kalau punya food processor boleh digunakan untuk menghaluskan
- Tepung tapioka (saya pakai merk Rose Brand)
- Telur ayam 1 butir

Bumbu:
- Bawang putih 3 siung, iris, goreng sebentar lalu tumbuk
- Bawang bombay seperempat siung besar, cacah halus
- Lada bubuk, pala bubuk, gula, garam secukupnya
- Bumbu kaldu bubuk (optional)

Bahan tambahan:
- Brokoli dicacah
- Wortel diparut
Keduanya kemudian diblansir sebentar, bisa ditambah keju juga
Cara masak:
Campur ayam, telur dan bumbu, aduk sampai semua terasa rata. Masukkan tapioka sedikit demi sedikit, uleni, rasakan sampai kalis. Goreng sedikit adonan untuk koreksi rasa dan tekstur.

Siapkan loyang (saya pakai loyang kaca yg biasa untuk macaroni schotel, hehe), lapisi dengan minyak sayur tipis-tipis. Siapkan panci kukus, masukkan semua adonan ke dalam loyang. Kukus hingga matang (kalau tidak matang, bagian dalamnya bisa basah), approx 30 sampai 45 menit. Setelah selesai dikukus, didinginkan dahulu, baru dipotong-potong. 
Ini pudng adonannya setelah selesai dikukus.
Setelah itu dilapisi telur dan panir. Kalau mau sedikit ribet dan boros telur, boleh ulangi step ini sekali lagi biar lapisan panirnya tebal. Kelebihannya memang nuggetnya jadi crispy sekali. Masukkan ke freezer sebentar sebelum digoreng agar lapisan panir menempel sempurna =-) 
Adonan seperempat kilo bisa buat satu kotak ukuran medum (as on picture)
Beberapa hal seputar bikin nugget ini:
1. Sebetulnya kalo dagingnya dihaluskan pake food processor akan memudahkan kita, tapi setelah nugget ini jadi, rasanya daging ayam yg dicacah lebih pas untuk tekstur nugget. Karena kalo terlalu halus malah kayak bakso. Ini referensi saya, ya. Jika lebih suka nugget dengan tekstur halus, monggo pakai food processor.
2. Persoalan loyang sebaiknya disesuaikan dengan ukuran panci untuk mengkukus. Jangan sampai udah disiapkan loyang yang lebar, tapi ternyata pancinya kecil.
3. Ada yang pakai lembaran plastik sebagai alas kukus. Saya gak sarankan itu. Lebih baik olesi loyang dengan minyak sayur, karena ini sudah cukup membuat adonan jadi licin dan mudah dikeluarkan dari loyangnya.[]

0 comments:

Post a Comment

Blog Hits

Hello

"Membuat jarak paling intim antara suara hati dan memori adalah dengan menuliskannya pada sebuah tulisan. Dan kamu, sedang menuju ke tempat milikku."

Enjoy reading.

Popular Posts

Followers