Pasar Asemka


Kemarin (Minggu, 9 januari 2011), saya dan keluarga pergi ke Pasar Asemka, berniat membeli beberapa barang untuk keperluan goodie bag ulang tahunnya Chiya. Sebetulnya kami sendiri tak tahu Pasar Asemka di mana, namun dari hasil tanya-tanya dan sedikit mencari info di Google, akhirnya kami tahu kalau Pasar Asemka ada di dekat Kota tua. Tidak dekat-dekat amat sih, tetapi karena ancer-ancer yang kami tahu adalah kota Tua dan sekitarnya (Glodok, Museum Bank Mandiri), maka clue sederhana itu sudah cukuplah untuk kami.

Kemudian setelah melewati wilayah Glodok yang muacet (maklum, hari Minggu), ternyata ada plang rute Pasar Asemka menunjuk belok kiri (dari arah Glodok itu). Karena masih bingung, kami memutuskan lewat bawah jembatan layang, tidak melewati atasnya. Dan ternyata, itu memang jalan ke sana dan pasarnya ada tepat di bawah jembatan layang. Namanya pasar, situasinya ramai dan padat, tetapi untungnya kami dapat tempat parikir tepat di depan pasar. Jadi tak perlu jalan jauh. And the adventure is just begin.

Melihat barang-barang yang dijual, wuih, langsung semangat deh. Pasar Asemka adalah sentra penjualan alat tulis (pensil, pulpen, rautan, dan lain-lain), perlengkapan sekolah dan kantor (berbagai macam tas, map, dan sebagainya). Selain itu banyak juga yang menjual aksesoris (seperti kalung, gelang, jam tangan), perlengkapan handphone (seperti gantungan sampai dompet HP), serta suovenir pernikahan. Kalau mau tanya harga, pedagang di sana pasti menyebut harga lusinan. Jadi kalau saya mau beli satuan, saya harus menegaskan: ini harga satuannya berapa? Tetapi boleh saja jika hanya membeli satuan, dengan resiko harganya jadi agak mahal daripada membeli lusinan. Meski begitu, sebenarnya harga satuan pun tetap lebih murah kok. (Apalagi kalau komparasinya dengan harga mall, hehe.)

Beberapa barang yang saya taksir di online shop ada di sana. Tentu saja dengan harga yang selisih beberapa rupiah. Tadinya kami sudah gembira karena akhirnya bisa menemukan barang yang sudah kami incar selama beberapa hari browsing ke beberapa online store dengan harga yang lebih murah. Namun, setelah menyusup ke dalam pasar, ternyata kami bisa menemukan lebih banyak pilihan lain. Ini misalnya:

•    Goodie bag.
Ada banyak pilihan jenis goodie bag di sini. Rata-rata bahannya sama: spoundbond. Bentuknya yang bermacam-macam dengan variasi gambar. Ada tas tenteng, tas ransel, atau yang bentuknya seperti paper bag. Selain bahan spoundbond, ada juga yang bahan plastik dengan model seperti paper bag. Semuanya, kebanyakan motif gambarnya untuk anak-anak. Ada princess (Snow White and the gank), Upin dan Ipin, Spiderman, Pooh, dan lain-lain. Ada juga yang polos dengan tambahan aksen pita. Yang ini cocok buat semua umur. Rata-rata harganya Rp 6000/lusin. Tergantung jenis dan besarnya goodie bag.

Kalau saya akhirnya memilih goodie bag jenis ransel serut. Bedanya dengan yang lain, pilihan saya ini tanpa tutup dengan dan bagian depan ada gambar sablonnya. Besarnya sekitar 36cmX28cm, yang menurut saya cukup untuk isi goodie bagnya nanti. Saya memilih goodie bag jenis tas ini karena saya ingin goodie bag ini tetap terpakai dan useful. Selain persoalan tampilan, tas ini dipilih karena tidak overbudget (harga satuannya mencapai Rp 6000an).



•    Lunch box.
Dari depan pasar sudah bisa ditemukan paket lunch box lengkap sepasang dengan tempat minumnya. Keduanya serasi, satu motif. Ada yang motif Mr. Smile, sampai yang karakter seperti Strawberry Shortcake atau yang lain. Paket yang ini biasanya sudah dimasukkan dalam plastik goodie bag tersendiri. Harga perpaketnya rata-rata Rp 10.000/lusin. Cukup murah, mengingat kualitas masing-masing tidak mengecewakan.

Karena rencananya memang hanya ingin menggunakan lunch box saja tanpa tempat minum, akhirnya kami mencari kios yang bisa membeli lunch box saja tanpa tempat minumnya. Soalnya kebanyakan memang sudah sepaket dengan tempat minum dan tidak bisa membeli lunch box-nya saja. Setelah berjalan sampai ke dalam, akhirnya kami menemukan satu kios kecil yang lebih banyak menjual lunch box. Di sana ada lunch box yang harga satuannya mencapai Rp 4000. Secara tampilan dan kualitas bagus, tetapi budget kami di bawah itu. Saya lalu melirik ke arah rak yang ada lunch box polos dengan tutup warna pink dan biru. Sederhana, memang. Dan ternyata harganya juga sama sederhanyanya. Satuannya kurang dari Rp 2500. Hebat kan, hehe. Wadahnya lebih kecil dari lunch box lainnya, tetapi tingginya lebih dalam. Jadi mungkin sebetulnya volumenya tidak jauh berbeda dengan lunch box yang biasa (ukurannya kurang-lebih 12cmX12cmX7cm).





Bonusnya, saya menemukan semacam tas kecil yang selama ini saya cari. Tas mungil yang cukup muat untuk dompet dan handphone saya, ukurannya sekitar 20cm X12cmX6cm. Biasanya, saya hanya menemukan semacam dompet dengan dobel kantung yang tidak muat untuk dompet. Sementara selama ini kalau mau belanja ke supermarket saya bingung mau bawa tas atau tidak. Kalau bawa tas, terlalu besar, sementara hanya membawa dompet dan HP tanpa tas, rasanya repot juga karena harus menenteng keranjang belanjaan serta menengok checklist di HP. Dan untuk harga satuannya, di atas Rp 30.000 tapi tidak sampai Rp 40.000. Lumayan, daripada bingung jahit segala.



Nah, kalau sudah dapat tasnya, tinggal bersiasat mengisi goodie bagnya deh! Buat inspirasi, ada beberapa tips di sini.[]


PS: check out toko onlineku di sini yuk! Ada berbagai lunch box lucu buat bento atau goodie bag dengan harga murah!!

Comments

  1. naksir tasnya bun, bagus N keren... jadi pengen hehehe...

    ReplyDelete
  2. ketagihan kalau sudah ke asemka, aku juga suka banget kesana

    ReplyDelete
  3. bagus2 dan murah yahh...mendingan beli deh daripada bikin...susah kalo bikin hehehe

    ReplyDelete
  4. to all: iya kaann.... senengnya hunting barang murah tuh emang ga ada abisnya yaa... hayuk, siapa lagi yang mau posting tempat-tempat belanja murah??

    ReplyDelete
  5. waaaaaaaaah pasar asemka,
    pasti gelap mata deh kalo kesana
    ya beli jepit, beli iket rambut, macam macam pernak pernik.... gak kuaaaat deh

    ReplyDelete
  6. wah, pasar asemka ya ??
    pengen bgt kesana tp ga tau directionnya. tp setelah baca blog ini jadi tau deh. thanks ya mbk :-)

    mampir ya ke blog aq : eoulangtahun.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. Hai, Mbak Titin.... Wah, senang kalau informasinya berguna ^^

    Semangat terus buat bisnisnya, Mbak :)

    ReplyDelete
  8. pengen ke sana but jauh,,bisa dibantu order online ajah ??? hehehe

    ReplyDelete
  9. Banyak kok yang jual barang Asemka via onlen, Mbak... Coba tanya Mbah Gugel aja, hehehe... Good luck yah ^^

    ReplyDelete
  10. Hai mba mau tanya itu benern rata2 goodie bagnya cm 6000/lusin? Bkn per pcs kah?trz klo lunch box yg lebih panjang dri itu kira2 harga brp mba?mksih

    ReplyDelete

Post a Comment